RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA SANATA DHARMA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XI( Sebelas) / 1Standar Kompetensi :2. Memahami APBN dan APBD.
Kompetensi Dasar :2.2 Mengidentifikasikan sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
Indikator :
Mendeskripsikan penerimaan negara sesuai dengan pengertiannya.
Mengidentifikasi pendapatan negara dalam APBN sesuai dengan sumbernya.
Mendeskripsikan hibah dalam APBN sesuai dengan pengertiannya.
Mengidentifikasi pendapatan negara di dalam APBD sesuai dengan sumbernya.
Alokasi Waktu :2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran.
Peserta didik:
Mampu mendeskripsikan penerimaan negara sesuai dengan pengertiannya.
Mampu mendeskripsikan dana otonomi khusus sesuai dengan pengertiannya.
Mampu mengidentifikasi pendapatan negara dalam APBN sesuai dengan sumbernya.
Mampu mengidentifikasi hibah dalam APBN sesuai dengan pengertiannya.
Mampu mengidentifikasi pendapatan negara di dalam APBD sesuai dengan sumbernya.
Karakter yang diharapkan:
Keaktifan.
Kerjasama kelompok.
Tanggungjawab.
B. Materi Pembelajaran
C. Metode Pembelajran
- Konvensional.
D. Model
- Ceramah
E. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan awal :
Guru memberikan salam dan menyapa siswa untuk menyadarkan siswa bahwa guru sudah berada di
dalam kelas serta berdoa. Guru mengajak siswa mempersiapkan materi yang akan dibahas dengan melakukan kegiatan berikut:
Apersepsi :
Siswa menggali dan mengembangkan pengetahuan tentang materi yang dibahas pada pertemuan sebelumnya.
Orientasi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran:
Motivasi
Pemahaman materi ini sangat penting dalam pembelajaran ilmu ekonomi karena setiap tahun pemerintah pusat membuat anggaran berguna untuk menjalankan roda pemerintahan.
Pre test
2. Kegiatan inti :
EKSPLORASI
Siswa aktif menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru saat menjelaskan materi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan daerah.
ELABORASI
Siswa menerima hand out dari guru
Siswa diberi penjelasan materi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan daerah oleh guru dengan bantuan media power ponit.
Siswa berdiskusi di dalam kelompok.
KONFIRMASI
Siswa didampingi oleh guru, melakukan kofirmasi dengan cara tanya jawab, kemudian menyimpulkan materi yang dibahas.
Guru memberikan penguatan atas hasil tanya jawab yang dilakukan siswa.
3. Kegiatan Akhir :
Siswa bersama dengan guru menyusun rangkuman.
Siswa didampingi dengan guru melakukan refleksi secara tertulis.
Posttes
Siswa mengisi lembar refleksi dan kuesioner
Guru menutup pembelajaran.
F. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Sumber
Kusmuriyanto. 2007. Khazanah Ekonomi Untuk Kelas XI SMA. Semarang:
S. Salam. 2007. Ekonomi Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga
Sukanto Slamet. 2009. Ekonomi Untuk SMA kelas XI. Jakarta: Yudhistira
Yoga Firdaus. 2002. Ekonomi Untuk SMA Kelas XI Jilid 1. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
2. Media
LCD, Papan tulis, Handout , lembar kerja siswa.
G. Kisi-kisi Soal Evaluasi Essai
No
|
KD
|
INDIKATOR
|
Pengetahuan
|
Pemahaman
|
No Soal
|
Jumlah
|
Jumlah
|
||||
1.
|
Mengidentifikasi
sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan daerah.
|
Mendeskripsikan penerimaan negara sesuai
dengan pengertiannya.
Mengidentifikasi pendapatan negara dalam
APBN sesuai dengan sumbernya.
Mendeskripsikan hibah dalam APBN sesuai dengan
pengertiannya.
Mengidentifikasi
pendapatan negara di dalam APBD sesuai dengan sumbernya.
|
1
1
|
1
1
1
|
1
3
4
2, 5
|
H.
Soal
1.
Soal
:
a.
Pretest
dan Postets terlampir
b.
Evaluasi
Essai
1.
Jelaskan
apa yang dimaksud penerimaan negara! (bobot5)
2.
Apa
yang dimaksud dengan dana otonomi khusus! (bobot5)
3.
Jelaskan
sumber pendapatan negara di dalam APBN yang bersal dari pajak! (bobot10)
4.
Apakah
yang dimaksud dengan Hibah dalam APBN, dan berikan contohnya satu macam!
(bobot20)
5.
Jelaskan
sumber pendapatan negara di dalam APBD berdasarkan penerimaan pusat!(bobot10)
1.
Teknik
Penilaian : Tes dan Non Tes.
2.
Bentuk
Penilaian :
a.
Tes
Tertulis: Pilihan Ganda dan Uraian objektif
b.
Non Tes
: Tugas Individu.
3.
Kriteria Penilaian :
a.
Pretest
dan Posttest
Soal pretest dan
posttets terdiri dari 10 butir dalam bentuk pilihan ganda, masing-masing
mempunyai ponit 1.
Nilai = Skor yang dicapai siswa / skor maksimal x 100%

b.
Evaluasi Essai dan Diskusi
Soal evaluasi terdiri dari 5 butir dalam bentuk essai,
masing-masing soal mempunyai point yang berbeda.
Nilai = Skor yang dicapai siswa / skor maksimal x 100%
Keterangan Rentang
Nilai:
A.
Baik
sekali 90-100
B.
Baik
75-89
C.
Cukup
60-74
D.
Kurang
40-59
E.
Kurang
sekali 0 -39 Pedoman Pengamatan
N0
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah
|
Rata-rata
|
Ket
|
||
keaktifan
|
kerjasama
|
Ketepatan waktu
|
|||||
1.
Amat baik (A) = 4 (90 - 100)
-
Apabila siswa aktif dalam berdiskusi, banyak berkontribusi dalam
menyumbangkan ide untuk kelompok, menghargai pendapat teman, berani maju untuk
presentasi, menumpulkan tepat waktu
2.
Baik (B) = 3 (75 -
89)
-
Apabila siswa berkontribusi untuk menyumbangkan ide, peduli
terhadap kesulitan kelompok.
3.
Cukup (C) = 2 (65 - 74)
-
Peduli terhadap kesulitan kelompok, menghargai pendapat teman, mau
menjadi juru tulis.
4.
Kurang (D) = 1 (> 65)
- Apabila siswa tidak aktif dan tidak peduli dengan kelompok.
Yogyakarta, ….Juni2013
Vincentia Marianingsih
\
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut