Minggu, 02 Juni 2013

Contoh RPP

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMA SANATA DHARMA
Mata Pelajaran : Ekonomi  
Kelas / Semester : XI( Sebelas) / 1
Standar Kompetensi :2. Memahami APBN dan APBD.
Kompetensi Dasar :2.2 Mengidentifikasikan sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
Indikator :
Mendeskripsikan penerimaan negara sesuai dengan pengertiannya.
Mengidentifikasi pendapatan negara dalam APBN sesuai dengan sumbernya.
Mendeskripsikan  hibah dalam APBN sesuai dengan pengertiannya.
Mengidentifikasi pendapatan negara di dalam APBD sesuai dengan sumbernya.
Alokasi Waktu :2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran.
     Peserta didik:
Mampu mendeskripsikan penerimaan negara sesuai dengan pengertiannya.
Mampu mendeskripsikan dana otonomi khusus sesuai dengan pengertiannya.
Mampu mengidentifikasi pendapatan negara dalam APBN sesuai dengan sumbernya.
Mampu mengidentifikasi hibah dalam APBN sesuai dengan pengertiannya.
Mampu mengidentifikasi pendapatan negara di dalam APBD sesuai dengan sumbernya.

Karakter yang diharapkan:
Keaktifan.
Kerjasama kelompok.
Tanggungjawab.

B. Materi Pembelajaran
C. Metode Pembelajran

  • Konvensional.

D. Model                              

  • Ceramah 

E. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
 1. Kegiatan awal :
Guru memberikan salam dan menyapa siswa untuk menyadarkan siswa bahwa guru sudah berada di        
dalam kelas serta berdoa. Guru mengajak siswa mempersiapkan materi yang akan dibahas dengan melakukan kegiatan berikut:
Apersepsi :
Siswa menggali dan mengembangkan pengetahuan tentang materi yang dibahas pada pertemuan sebelumnya.
Orientasi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran:
Motivasi
Pemahaman materi ini sangat penting dalam pembelajaran ilmu ekonomi karena setiap tahun pemerintah pusat membuat anggaran berguna untuk menjalankan roda pemerintahan.
Pre test

2. Kegiatan inti :
EKSPLORASI
Siswa aktif menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru saat menjelaskan materi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan daerah.

        ELABORASI
Siswa menerima hand out dari guru
Siswa diberi penjelasan materi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan daerah oleh guru dengan bantuan media power ponit.
Siswa berdiskusi di dalam kelompok.

        KONFIRMASI
Siswa didampingi oleh guru, melakukan kofirmasi dengan cara tanya jawab, kemudian menyimpulkan materi yang dibahas.
Guru memberikan penguatan atas hasil tanya jawab yang dilakukan siswa.

3. Kegiatan Akhir :
Siswa bersama dengan guru menyusun rangkuman.
Siswa didampingi dengan guru melakukan refleksi secara tertulis.
Posttes
Siswa mengisi lembar refleksi dan kuesioner
Guru menutup pembelajaran.

F. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Sumber
    Kusmuriyanto. 2007. Khazanah Ekonomi Untuk Kelas XI SMA. Semarang:
    S. Salam. 2007. Ekonomi Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga
    Sukanto Slamet. 2009. Ekonomi Untuk SMA kelas XI. Jakarta: Yudhistira
    Yoga Firdaus. 2002. Ekonomi Untuk SMA Kelas  XI Jilid 1. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
2. Media
    LCD, Papan tulis, Handout , lembar kerja siswa.

G.   Kisi-kisi Soal Evaluasi Essai

No
KD
INDIKATOR
Pengetahuan
Pemahaman
No Soal
Jumlah
Jumlah
1.
Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan daerah.
Mendeskripsikan penerimaan negara sesuai dengan pengertiannya.

Mengidentifikasi pendapatan negara dalam APBN sesuai dengan sumbernya.
                                     
Mendeskripsikan  hibah dalam APBN sesuai dengan pengertiannya. 

Mengidentifikasi pendapatan negara di dalam APBD sesuai dengan sumbernya.













1





1
1







1











1
1







3





4





2, 5
H.    Soal 
1.      Soal                 :
a.       Pretest dan Postets terlampir
b.      Evaluasi Essai
1.      Jelaskan apa yang dimaksud penerimaan negara! (bobot5)
2.      Apa yang dimaksud dengan dana otonomi khusus! (bobot5)
3.      Jelaskan sumber pendapatan negara di dalam APBN yang bersal dari pajak! (bobot10)
4.      Apakah yang dimaksud dengan Hibah dalam APBN, dan berikan contohnya satu macam! (bobot20)

5.      Jelaskan sumber pendapatan negara di dalam APBD berdasarkan penerimaan pusat!(bobot10)

   I.    Penilain
1.      Teknik Penilaian          : Tes dan Non Tes.
2.      Bentuk Penilaian         :
a.       Tes Tertulis: Pilihan Ganda dan Uraian objektif
b.       Non Tes   : Tugas Individu.
3.      Kriteria Penilaian         :
a.       Pretest dan Posttest
Soal pretest dan posttets terdiri dari 10 butir dalam bentuk pilihan ganda, masing-masing mempunyai ponit 1. 

Nilai = Skor yang dicapai siswa / skor maksimal x 100%

b.      Evaluasi Essai dan Diskusi
Soal evaluasi terdiri dari 5 butir dalam bentuk essai, masing-masing soal mempunyai point yang berbeda. 

Nilai = Skor yang dicapai siswa / skor maksimal x 100%

Keterangan Rentang Nilai:
A.    Baik sekali      90-100
B.     Baik                75-89
C.     Cukup            60-74
D.    Kurang           40-59
                   E.     Kurang sekali 0 -39        
                                                                         
       Pedoman Pengamatan      

N0

Nama siswa
Aspek  yang  dinilai

Jumlah

Rata-rata

Ket
keaktifan
kerjasama
Ketepatan waktu
   Keterangan :
1.      Amat baik (A) = 4 (90 - 100)
-          Apabila siswa aktif dalam berdiskusi, banyak berkontribusi dalam menyumbangkan ide untuk kelompok, menghargai pendapat teman, berani maju untuk presentasi, menumpulkan tepat waktu

2.      Baik           (B) = 3 (75 - 89)
-          Apabila siswa berkontribusi untuk menyumbangkan ide, peduli terhadap kesulitan kelompok.

3.      Cukup      (C) = 2 (65 - 74)
-          Peduli terhadap kesulitan kelompok, menghargai pendapat teman, mau menjadi juru tulis.

4.      Kurang      (D) = 1 (> 65)
                 -         Apabila siswa tidak aktif dan tidak peduli dengan kelompok.                                                                                     


                                                                                                   
 Yogyakarta, ….Juni2013

Vincentia Marianingsih
091334023



\


1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus